Senin, 02 November 2009

produk dan jasa

Produk dan jasa dalam LKM

Sebagian LKM menyediakan intermediasi sosial,terutama mereka yang bekerjasama dengan kelompok. LKM menyediakan jasa pengembangan usaha seperti pelatihan keterampilan dan dasar bisnis jasa/layanan ini sangat berguna meningkatkan kemampuan mereka yang berpenghasilan rendah untuk menjalan kan usaha mikro langsung atau tak langsung.pemahaman system intermediasi financial dan social berlangsung membutuhkn suatu analisis system dari pada analisis kelembagaan sederhana.pendekatan system memungkinkan kita melihat masing2 lembaga yang terliat dalm proses intermediasi sebagai tempat berkelanjutan yang tersendiri ktika kita sedang menilai kelngsungan hidup komersial dari seluruh system.

Dalam kerangka kerja system ada 4 katagori jasa secara luas yang dapat disediakan untuk pelanggan keuangan mikro.yaitu :

& Intermediasi financial penyediaan produk dan jasa keuangan dan tidak membutuhkan subsidi secara terus menerus.

& Intermediasi social proses pengembangan modal dan sosial yang di butuhkan oleh intermediasi financial berkelanjutan bagi masyarakat miskin. Dan membutuhkan waktu yang lebih panjng walau akhir nya subsida harus dihapuskan.

& Jasa pengembangan usaha yang membantu pengusaha mikro, meliputi pelatihan bisnis, jasa pemasaran dan tekhnologi, keterampilan dan analisis sub sector. Bergantung kemampuan planggan membayar jasa ini.

& Layanan sosial jasa yang memusatkan perhatian pada kesejahteraan pengusaha mikrosehingga membutuhkan subsidi terus menerus . biasa nya disediakan oleh Negara dan para pendonor.

Tingkat penyediaan jasa bergantung pada yng ditempuh minimali atau utuh.

LKM yang menempuh pendekatan minimalis hanya menawarkan intermediasi financial. Mendasarkan pda pemikiran ada sesuatu yang hilang untuk pertumbuhan usaha.

Intermediasi financial meliputi pemindahan modal dan likuiditas bagi mereka yang kelebihan pada waktu tertentu kepada mereka yang kekurangan dana di saat yang sama.

Prinsip pemberian kredit yang layak :

v Menawarkan Layanan yang sesuai dengan profesi pengusaha miskin

v Memperlancar kegiatan operasional untuk engurangi biaya unit.

v Mendorong para pelanggan untuk membayar kembali pinjaman

v Membebani suku bunga dan provisi dengan beban bunga penuh (full cost).

Dua hal yang mendesak saat menyediakan jasa keuangan antara lain secra efektif menanggapi permintaan dan poferensi pelnggan dan menyusun produk sederhana yang mudah dikelola LKM /pelanggan.

Pada umum nya rentang waktu yang tersedia meliputi ;

v Kredit

Yaitu pinjaman dengan syarat2 tertentu, pinjaman produktif diambil untuk mendapat keuntungan dalam berbisnis. Dua katagori dalam pemberian kredit yakni pinjaman individu yang diberi untuk perorangan dan perkelompok yang kemudian meminjamkan kembali pada anggota kelompok nya.

v Tabungan

Pelanggan LKM yang merupakan orang berekonomi lemah mempunyai kesadaran dan kemauan menabung sangat tinggi diseluruh dunia.

Tabungan wajib dalam LKM sebagai syarat memperoleh pinjaman dan berguna membantu membangun aktiva pelanggan. Dalam LKM juga ada tabungan sukarela.

v Asuransi

Produk LKM yang ditawarkan lebih luas menyangkut jaminan kredit dalam hal kematian atau kehilangan di waktu yang tak terduga.

v Jasa pembayaran

Pada bank tradisional jasa pembayaran meliputi hak istimewa penggunaan cek dan pembukuan cek bagi nasabahnya.juga jasa pemindahan dan pengiriman dana dari satu wilayah ke wilayah lain.

Intermediasi sosial dipahami sebagai proses pembangunan modal manusia dan sosial yang dibutuhkan intermediasi finansialberkelanjutan dengan masyarakat miskin.yang biasa dilakukan berkelompok.

LKM menempuh pendekatan utuh sering menyediakan jsa pengembangan usaha meliputi rentang luas campur tangan bukan keuangan termasuk jasa pemasaran dan teknologi,pelatihan bisnis ,pelaihan produksi dan analisis campur tangn sub-sektor.

Beberapa pendekatan keuangan mikro:

v Pemberian kredit individu, penyediaan kredit kpd perorangan yang bertanggung jawab penuh, biasa nya dapat dapat berhasil dengan baik.

Para pelanggan adalah usaha perkotaan atau petani kecil berupa bisnis mikro, yang pendapatan sedang dan usaha produksi.

v Pemberian kredit kelompok solidaritas grameen

v Pemberian kredit kelompok solidaritas amerika latin

v Perbankan desa

v Bank pedesaan mandiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar